Cara Praktis Mengatasi Anyang – Anyangan

“Selalu ingin buang air kecil terus menerus tapi keluar nya cuma sedikit 😦 ”

Kalimat seperti itu yang langsung terbesit di kepala aku, ketika mendengar kata Anyang – Anyangan. Apakah teman – teman juga pernah atau sering mengalami hal seperti itu? Kalo aku bisa dibilang sering mengalami hal ini 😦 , cukup menyiksa, karena harus bolak balik ke kamar kecil berkali – kali, tetapi air kecil yang dikeluarkan hanya sedikit, terkadang juga disertai rasa nyeri atau perih. Huweeeee πŸ˜₯

Errrr, minggu lalu aku juga baru saja mengalami anyang – anyangan, untung nya hanya sebentar dan tidak begitu parah. Dulu aku pernah anyang – anyangan sampai 2 minggu baru sembuh, kebayang dong lelah nya jiwa raga ini yang harus keluar masuk kamar kecil setiap saat dan terbatas untuk beraktifitas seperti biasa nya πŸ˜› .

Apa sih anyang – anyangan itu?

Anyang – anyangan merupakan penyakit yang membuat penderita nya harus bolak balik ke kamar kecil berkali – kali karena hasrat ingin buang air kecil yang berlebih ( sering ) , tetapi dengan volume air yang sedikit, biasa nya disertai dengan rasa nyeri atau perih.

Penyakit ini bisa diderita oleh pria maupun wanita, tapi pada kenyataan nya lebih banyak wanita yang mengalami sakit ini dikarenakan secara anatomi, jarak antara saluran kemih ( uretra ) ke saluran pembuangan air besar lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di sekitar saluran kemih.

Ternyata anyang – anyangan juga termasuk salah satu indikasi dari penyakit Infeksi Saluran Kemih 😦 .

Gejala yang biasa aku alamin kalo lagi anyang – anyangan itu :

  • Pingin selalu buang air kecil
  • Buang air kecil sering, tapi dengan volume yang sedikit – sedikit
  • Terasa agak nyeri di pinggang
  • Rasa perih ketika buang air kecil atau sakit buang air kecil kadang – kadang
  • Warna urine keruh dan berbau seperti obat ( ini agak jarang sih )
  • Merasa lelah dan bosan karena harus bolak balik ke kamar kecil.

Nah, kalo Penyebab anyang – anyangan yang suka aku lakuin entah karena lupa atau sengaja itu :

  • Kurang minum air putih. Kadang kalo ada minuman kopi dan teh di rumah atau pas lagi keluar rumah, aku biasanya lebih pilih minum itu 😦 Jadi suka lupa buat minum air putih yang cukup.
  • Menahan buang air kecil. Biasanya sih karena males gerak dan merasa masih bisa ditahan kok. Padahal jelas – jelas itu bahaya banget.
  • Salah membilas miss V. Kalo pas lagi sadar, inget cara bilas yang benar, yaitu dari depan ke belakang. Cuma kadang tingkat kesadaran suka ilang entah kemana.
  • Langsung menggunakan celana dalam sebelum mengeringkan miss V kalo tidak ada tisu atau kain.

Bakteri – bakteri pun sudah hafal akan kelalaian aku itu seperti nya 😦 . Sering sebel sama diri sendiri juga kalo udah anyang – anyangan, kenapa ngga rutin menjaga kesehatan sih!

Cara mengatasi anyang – anyangan versi aku yang kadang langsung berhasil atau butuh waktu untuk berhasil itu :

  • Minum air putih yang banyak
  • Minum air hangat
  • Mengikat jempol kaki dengan karet
  • Menggunakan celana yang longgar
  • Lebih menjaga kebersihan organ kewanitaan
  • Mengompres perut dan bagian rahim dengan air hangat
  • Lompat – lompat atau melakukan olah raga ringan agar lupa sejenak atau mengulur waktu buang air kecil nya lagi.

Beberapa waktu lalu ketika aku sedang mengalami anyang – anyangan, aku harus keluar rumah dan bertemu dengan teman – teman aku karena sudah janjian sebelum nya. Kami pergi ke suatu cafe, dan benar saja, aku harus bolak balik beberapa kali ke kamar kecil yang untung nya tidak jauh dari letak kami duduk.

Teman aku menyarankan untuk meminum Prive Uri-Cran dari Combiphar. Kata nya, Ekstrak buah Cranberry ini bisa mengatasi penyakit anyang – anyangan dengan praktis. Rasa nya pun manis dan segar. Dia memberikan aku satu sachet Uri-Cran yang bisa diminum menggunakan air putih biasa atau air es. Waktu teman aku mencoba minum saat anyang – anyangan, hanya butuh waktu sehari untuk sembuh.

 

uricran_zpsjaj4bk9d

Uri-Cran Plus

 

Uri-Cran memiliki kandungan Cranberry yang bisa mencegah dan mengatasi anyang – anyangan atau Infeksi Salurah Kemih, karena di dalam buah tersebut terdapat kandungan antioksidan yang disebut proanthocyanidins yang fungsinya untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan munculnya penyakit ini. Bakteri tidak bisa menempel dan tidak bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih dikarenakan sifat anti-adhesi yang dimiliki buah Cranberry.

Selain itu, buah Cranberry ini memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi. Kaya serat makanan, mineral dan antioksidan polifenol untuk mencegah penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker.

Nah, Produk Uri-Cran ini tersedia dalam 2 pilihan, yaitu :

  • Prive Uri-Cran dengan komposisi 250mg Ekstrak Cranberry, berbentuk Kapsul, yang dikonsumsi 1 – 2 Kapsul per hari nya. Dalam 1 box berisi 30 Kapsul.
  • Prive Uri-Cran Plus dengan komposisi 375mg Ekstrak Cranberry, 60mg Vit C, 0.1mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1mg Bifidobacterium Bifidum. Berbentuk Powder Sachet, yang dikonsumsi 1 – 2 Sachet per hari nya. Dalam 1 box berisi 15 Powder Sachet.

 

obat20anyang-anyangan_zpszvejcrkq

Komposisi Uri-Cran Plus

ekstrak20cranberry_zpslcvx7cti

Bahan tambahan, Kegunaan, Aturan Pakai dan Penyimpanan Uri-Cran Plus

 

Produk ini juga mudah ditemukan, karena sudah terdapat di apotik dan supermarket.

Ternyata ada cara praktis mengatasi anyang – anyangan. Tapi, apabila penyakit ini terus menerus berlanjut, teman – teman bisa langsung bertanya ke dokter ya, untuk ditindak lanjuti. Karena penyakit ini juga bisa menjadi lebih serius jika tidak ditangani. Habis periksa di dokter kalo bisa jangan anyang – anyangan ( dalam bahasa jawa, arti nya tawar – menawar ) harga buat bayar nya loh.. Hehehehe.. Bercanda dikit πŸ˜›

 

 

 

Iklan

21 thoughts on “Cara Praktis Mengatasi Anyang – Anyangan

  1. aku sering banget kalo miss v belom kerig celana dalem udah aku pakeee 😐
    bisa kena anyanganyangan juga yaa? astagaa T^T

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s