Wedang Asle Ngangenin di Kota Solo

Kali ini aku mau gantian cerita tentang kuliner di kota Solo ahh. Kota yang dimana aku selalu ada ini malah jarang aku ceritain tentang kuliner nya. Hahaha.

Wedang,

Biasanya aku langsung keingetan minuman hangat apabila mendengar kata tersebut. Berbagai macam jenis wedang ada di kepala aku, tapi yang paling menonjol dan bikin aku pingin saat itu adalah wedang asle.

Wedang asle adalah minuman yang terbuat dari ketan putih yang berasa sedikit manis, potongan agar-agar, juga irisan roti tawar dan sedikit gula pasir. Kemudian sebelum disajikan, penjual nya akan mengguyurkan santan hangat yang gurih ke dalam bahan-bahan tersebut.

Meskipun disebut wedang, minuman ini tidak disajikan di dalam gelas melainkan di dalam mangkuk kecil, dan cara minum nya pun di sendok menggunakan sendok bebek (sendok yang berbentuk pipih).

 

IMG_20160214_172224

Wedang Asle

 

Pertama kali aku mencicipi wedang asle itu di kota Solo. SaatΒ itu aku sedang berada dirumah temen aku (aku masih SMA dan belum lama pindah ke sini πŸ˜€ ), dan ada tukang wedang asle yang berkeliling menggunakan gerobak lewat di depan rumah temen aku, temen aku menawarkan aku untuk mencoba rasa dari wedang asle tersebut, karena aku juga penasaran dan belum pernah akhirnya aku mencoba wedang asle itu. Nyaaaam!!! Ternyata aku suka sekali, karena ada rasaΒ gurih manis dan hangat yang meluncur dengan mulus nya langsung ke tenggorokan aku. Semenjak itu aku sering beli wedang asle.

Karena nyidam (anak muda banyak mau sebenernya sih πŸ˜› ) banget, akhirnya aku minta ditemenin sama mba cistah buat beli wedang asle. Dan finally keturutan juga buat minum wedang asle yang gurih dan ngangenin Β itu. Horeeee πŸ˜€ . Hanya dengan membayar Rp 5.000-, saja, aku sudah bisa tersenyum manis menikmati hangat nya wedang di sore hari.

Oh iya, aku punya wedang asle langganan. Tempat nya di daerah Manahan kota Solo depan SMA Negeri 4 persis. Bapak ini berjualan menggunakan gerobak yang diparkir di depan pintu sekolah apabila sekolah nya sudah tutup. Jadi buka nya sekitar sore hari sampai malam hari. Aku tau tempat ini karena Pipi (panggilan aku buat bapak) sering kesini awalnya. Bisa dibilang ini tempat langganan aku sama Pipi. Bedanya aku pasti pesen wedang asle, Pipi pesen wedang ronde manis nya dikit πŸ˜€ . Penjual langganan aku ini memang menyediakan dua pilihan wedang, yaitu wedang asle dan ronde. Hanya saja aku tidak begitu tertarik dengan wedang ronde karena kuah nya pedas jahe.

 

IMG_20160214_172106

Penjual Wedang Ronde dan Asle di Depan SMA 4 (Kebetulan ini anak nya yang lagi jualan)

IMG_20160214_172051

Sedang Mempersiapkan Wedang

IMG_20160214_172207

Wedang Ronde

 

Aku punya cara sendiri untuk menyantap wedang asle ini. Jadi, gula pasir yang ada di bagian bawah nya tidak pernah aku aduk agar rasa gurih dari santan lebih terasa, dan ketika sudah mau habis aku bisa mendapat rasa manis dari gula pasir tersebut. Hehe.

Bapak penjual langganan aku ini juga punya candaan kecil ketika aku bertanya : “asle itu sebener nya apa sih pak?” bapak penjual menjawab : “Asli Santan Lezat Enak” sambil tertawa menyajikan wedang asle tersebut πŸ˜€ .

 

 

Ada yang sudah pernah minum wedang asle juga belum?

 

 

Nb :

Harga untuk Wedang Asle dan Wedang Ronde : Rp.5.000-,

 

 

 

Iklan

6 thoughts on “Wedang Asle Ngangenin di Kota Solo

  1. Eh eh.. wedang asle ini ternyata cuma ada di Jawa yak aslinyaaa, wedang yang asliii maksudnyaa.. soalnya aku pas pertama kali kenal dan nyoba makanan ini emang pas ke Jawa, di Malang tepatnya.

    Truss, trus, pas balik ke Sulawesi eh nggak pernah lagi nemu sama wedang asle.. unik juga sih soalnya awalnya aku pikir wedang asle ini semacam es campur soalnya pake roti sama santan eh tapi ternyata ga karena hangat2 gimana gitu yak πŸ˜›

    Suka

  2. Wedang asle itu emang khas Solo banget ,manis gurih dari santannya dan pastinya bergizi ya mba..tamoilan gerobak dn penjuslnya kelihatan bersih dan rapih ya mba.
    Di dekat rumah Uti ada poll penjual wedang asle jd kl ada acr gathering sereng pesan wedang asle

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s