Kereta Api Jaka Tingkir

Minggu lalu aku harus menghadiri acara pernikahan sahabat aku yang diadakan pada tanggal 23 April 2016 di Jakarta. Sebulan sebelum acara, aku bertanya pada Mascooo kira – kira kami akan naik apa untuk menuju Jakarta nya dari Purworejo. Kenapa berangkat dari Purworejo? Karena kami berencana untuk berangkat kamis malam setelah Mascooo pulang dari bekerja dan kantor tempat Mascooo bekerja ada di Purworejo.

Setelah berbagai macam pertimbangan, akhir nya kami memutuskan untuk memilih naik Kereta Api sebagai sarana transportasi kami menuju dan dari Jakarta.

Aku segera mencari tiket melalui situs online PT Kereta Api Indonesia. Beli tiket melalui internet cara nya gampang dan lebih memudahkan di banding harus ke stasiun dan antri kalo menurut aku.

Bagaimana cara beli tiket kereta online? Cara nya tinggal ketik Tiket Kereta Api di Google, nanti muncul situs resmi dari KAI kemudian di klik. Setelah itu akan muncul tanggal, stasiun asal dan tujuan serta jumlah orang nya. Aku mengetik tanggal 21 April 2016, stasiun asal Kutoarjo (karena stasiun Purworejo sudah lama di tutup), stasiun tujuan Jakarta Pasar Senen, 2 orang. Kemudian akan muncul nama kereta, harga dan jam berangkat kereta yang bisa dipilih.

Aku men – screenshots jadwal yang tertera ke Mascooo agar dia bisa memilih mau naik kereta apa yang sesuai dengan jadwal setelah pulang kantor nya. Dan akhir nya dia memilih untuk naik Kereta Api JAKA TINGKIR. Karena jam nya yang sesuai dengan jadwal, yaitu : 20:21 WIB. Selain itu karena harga nya cukup bersahabat dengan dompet. Hehehe.

Harga Kereta Api Jaka Tingkir ini di bagi menjadi 4 pilihan, yaitu :

  • Eko (C) Rp 230.000-,
  • Eko (P) Rp 210.000-,
  • Eko (Q) Rp 175.000-,
  • Eko (S) Rp 155.000-,

Dengan Rute Stasiun Solo Purwosari tujuan akhir Stasiun Jakarta Pasar Senen. Yang berangkat dari Stasiun Solo Purwosari pukul 18.15 WIB dan berakhir di Stasiun Jakarta Pasar Senen sekitar pukul 03:48 WIB.

Setelah deal memilih kereta apa dan jam berapa nya, lanjut mengisi data penumpang dan memilih nomer tempat duduk. Untuk memilih nomer tempat duduk ini, sebelum nya aku search Tentang Kereta Api terlebih dahulu. Disitu ada banyak penjelasan dari kaskus. Jenis – jenis kereta dan denah tempat duduk yang rekomen atau tidak nya (anak nya rempong sekali yaaah πŸ˜› hahhaha). Setelah semua diisi, aku memilih membayar tiket lewat indomaret, kemudian tiket bisa di tukarkan ke stasiun maksimal 1 jam sebelum keberangkatan.

Mari kita kembali ke topik tentang Kereta Jaka Tingkir nya lagi,

Sampai lah pada hari untuk pergi dengan naik kereta api menuju piknik. Horeeee… πŸ˜€ Kami berangkat dari Purworejo ke stasiun Kutoarjo sekitar pukul 18.30 WIB. Perjalanan nya sekitar 20 – 30 menit. Dan kami juga berencana untuk makan terlebih dahulu di sekitar stasiun Kutoarjo.

Makan, beli cemilan dan titip kendaraan beres pukul 20.00 WIB. Kami masuk menunjukan tiket dan identitas kemudian menunggu di ruang tunggu. Tidak lama kemudian Kereta Jaka Tingkir datang tepat pada pukul 20:21 WIB dan kami segera memasuki kereta dan mencari gerbong dan tempat duduk kami di Eko 1 nomer 20A dan 20B.

 

 

Ketika memasuki kereta, disambut hawa sangat dingin dari AC kereta. Setelah menaruh barang bawaan ke bagasi di bagian atas tempat duduk, kami langsung duduk dan mengeluarkan selimut yang memang sudah aku siapkan untuk di kereta mengingat kami pernah naik kereta di malam hari dan dingin nya AC persis seperti saat itu.

Kereta Api Jaka Tingkir ini cukup nyaman. Ekonomi AC yang bersih dan terawat. AC nya juga terasa dingin ( sangat dingin malah kalo malam hari ). Terdiri dari seat 2 – 2. Cukup luas juga untuk jarak kaki yang berhadapan dengan seat depan nya. Lorong jalanan cukup lebar. Tempat bagasi juga cukup luas. Dan tersedia 2 colokan untuk meng – charge hp serta tempat menaruh makan minuman di dekat jendela.

 

Kereta Api Jaka Tingkir

Lorong Jalanan dan Tempat Bagasi cukup luas, AC juga dingin

Kereta Api Jaka Tingkir (2)

Jarak kaki lumayan lah ya, hehe πŸ˜€

Jaka Tingkir

Tersedia 2 colokan dan meja untuk tempat makan atau minuman πŸ˜‰

 

Kursi nya lumayan empuk dan tidak terlalu tegak sandaran tempat duduk nya dibanding dengan Ekonomi AC yang seat 3 – 2. Di sewakan bantal juga, tidak lama setelah kereta melanjutkan perjalanan pramuniaga kereta akan menawarkan bantal untuk di sewakan sebesar Rp 6.000-, per bantal nya sampai dengan stasiun tujuan.

 

Jaka Tingkir (2)

Bantal sewa persegi panjang lumayan bikin pules πŸ˜›

 

Pramuniaga lain juga akan berkeliling menawarkan makanan seperti pop mie dan snack atau minuman untuk di jual apabila anda kelaparan atau sekedar ingin mengemil dan minum di tengah perjalanan. Untuk ada tidak nya kantin atau cafe di kereta ini aku kurang tau, maaf ya 😦 . Nanti kalo naik lagi atau udah cari tau aku perbaruin lagi kok pasti cerita nya.

Kereta Jaka Tingkir ini juga memiliki toilet di setiap ujung gerbong nya. Tidak boleh merokok di atas kereta ini. Dan di setiap stasiun akan berhenti juga di beri pengumuman agar bisa bersiap – siap apabila mau turun di stasiun tujuan. Aman lah jadi nya kita bisa tau sampe mana – mana nya saja biar ngga kebablasan atau berhenti di stasiun yang bukan tujuan kita.

Di kereta ini, Mascooo bisa tidur cukup pulas. Dari kereta baru berjalan beberapa saat dia sudah bisa langsung tertidur. Sebenarnya cukup nyaman untuk tidur di kereta ini, hanya saja aku akhir – akhir ini sering mengalami gejala susah tidur, baru bisa tidur di atas jam 02.00 WIB. Ketika di kereta pun juga demikian, belum lama bisa tertidur pulas kereta nya sudah mendekati pemberhentian. Sekitar pukul 04.00 WIB , kami sampai ke stasiun tujuan Jakarta Pasar Senen.

 

 

Itu tadi cerita pengalaman aku naik Kereta Api Jaka Tingkir. Bagaimana dengan pengalaman kalian naik kereta api? πŸ˜€

 

Nb : 21-04-2016

Iklan

3 thoughts on “Kereta Api Jaka Tingkir

  1. Ok kereta nyaman yg saya sayangkan jumlah bantal yang tidak mencukupi….saya bawa anak kecil sehingga kurang nyaman mohon untuk qty bantal di tambah sesuai dgn jumlah tempat duduk yg tersedia…………

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s